Panin Asset Management adalah perusahaan manajemen investasi dengan active investment strategy yang memiliki spesialisasi dalam reksa dana saham dan pendapatan tetap di Indonesia.

Dibentuk pada tahun 1997, Panin Asset Management merupakan salah satu perusahaan pengelola reksa dana tertua di Indonesia dan saat ini menjadi salah satu pemain terbaik dalam industri. Selama 20 tahun, keberhasilan perusahaan dibangun dari penciptaan nilai jangka panjang dengan memanfaatkan ketidakefisienan dalam pasar.

SEJARAH

1989

Established under the name PT Panin Sekuritasindo

1994

Changed name into PT Panin Sekuritas

1997

Established Asset Management division
Launched 3 mutual funds including flagship fund Panin Dana Maksima

2000

Listed at the Indonesia Stock Exchange (Ticker: PANS)

2003

One of the largest fixed income asset management firms in Indonesia

2005

Shifted focus to equity mutual funds

2011

Established PT Panin Asset Management

2018

Manages 18 open-ended funds, with total client of 65,110

FILOSOFI INVESTASI

Kami percaya bahwa pasar modal Indonesia belum sepenuhnya efisien, yang berarti sekuritas tidak selalu diperdagangkan pada nilai wajar berdasarkan faktor fundamental yang mendasarinya. Hal ini membuka kesempatan luas bagi investor cerdas untuk mengungguli kinerja pasar modal.

Untuk mengungguli kinerja pasar modal, dibutuhkan pemahaman mendalam tentang risiko-risiko investasi, disiplin dalam tujuan investasi, dan kemampuan untuk mengidentifikasi nilai intrinsik dalam sebuah investasi. Kami percaya bahwa manajemen portofolio yang aktif sangatlah penting untuk menghasilkan tingkat pengembalian yang optimal.

Tiga prinsip berikut mendasari filosofi investasi Panin Asset Management:

Kehati-hatian

  • Menilai secara komprehensif setiap risiko yang melekat pada keputusan investasi
  • Memitigasi risiko penurunan (downside risk) dengan menyediakan cushion of error/margin of safety dalam setiap keputusan investasi
  • Memberikan tanggapan yang tepat atas setiap risiko yang terjadi

Disiplin & Konsistensi

  • Membuat keputusan investasi yang berhati-hati, secara disiplin dan konsisten, sehingga dapat mencapai kinerja yang unggul
  • Menentukan keputusan investasi secara rasional, tidak terpengaruh oleh bias emosional atau kepentingan pribadi
  • Fokus pada tujuan-tujuan dan sasaran-sasaran yang telah disepakati

Penciptaan nilai

  • Terus mengasah keahlian kami dalam menilai nilai intrinsik investasi
  • Secara konsisten berfokus pada tujuan-tujuan utama investasi untuk menghasilkan nilai tambah bagi klien

PENDEKATAN KAMI

Sebagai perusahaan manajemen investasi yang aktif, Panin Asset Management menerapkan pendekatan yang disiplin dalam proses investasi.

Kami percaya bahwa kemampuan riset kami adalah karakteristik utama yang membedakan kami dari para kompetitor. Melalui riset fundamental yang menggunaan pendekatan bottom-up, kami mampu menghasilkan alpha dalam imbal hasil investasi. Seluruh keputusan investasi didukung oleh tim riset internal kami, yang secara teliti melakukan analisis fundamental, penilaian model usaha (business model), identifikasi risiko, dan valuasi.

Melalui riset tersebut, kami memiliki pemahaman menyeluruh mengenai risiko investasi kami. Dengan memitigasi risiko-risiko tersebut secara menyeluruh, kami dapat menghasilkan tingkat pengembalian investasi jangka panjang yang lebih tinggi dari rata-rata bagi klien kami.

ACTIVE INVESTMENT MANAGEMENT

Panin Asset Management percaya bahwa pasar saham Indonesia belum sepenuhnya efisien. Dalam memanfaatkan ketidakefisienan pasar untuk mendorong tingkat pengembalian investasi, kami menerapkan strategi active investment management. Reksa dana kami bersifat agnostik terhadap benchmark, yang berarti bahwa kami tidak menggunakan benchmark sebagai acuan dalam menentukan portofolio investasi, tetapi menggunakannya untuk mengukur kinerja reksa dana secara relatif selama berjalannya waktu.

Keyakinan kami pada strategi ini didasarkan pada kenyataan bahwa perilaku manusia dan kondisi pasar yang tidak sempurna menciptakan kesempatan investasi yang sangat baik. Hal ini memberikan kesempatan bagi kami, manajer investasi, untuk meningkatkan keberhasilan investasi kami dengan mencari dan menemukan aset-aset yang belum dihargai sesuai dengan nilai intrinsiknya.

Tingkat “Saham Aktif” dari reksa dana kami (yang mengukur seberapa besar pemilihan saham pada portofolio berbeda dari benchmark index) bervariasi antar reksa dana, namun dapat diasumsikan bahwa secara rata-rata hanya 30-40% dari portofolio saham kami yang diinvestasikan sesuai dengan pembobotan benchmark.

PENELITIAN FUNDAMENTAL SECARA BOTTOM-UP

Pendekatan investasi fundamental kami didasarkan pada penelitian secara bottom-up.

Eksposur yang rendah atau tinggi pada suatu sektor tertentu adalah hasil langsung dari keputusan pemilihan saham. Kami memulai penelitian kami dengan mengidentifikasi suatu saham individu kemudian melaksanakan analisis dasar pada saham tersebut. Dalam menentukan nilai intrinsik suatu perusahaan, kami mempertimbangkan seluruh kondisi industri dan ekonomi yang relevan bagi analisis kami untuk memperoleh gambaran yang menyeluruh tentang prospek perusahaan tersebut.

PROSES INVESTASI

Pada Panin Asset Management, kami menerapkan disiplin yang tinggi dalam memilih kesempatan investasi. Menurut pandangan kami, risiko investasi dapat dimitigasi melalui analisis yang mendalam serta konsistensi dalam proses investasi. Walau perusahaan kami mendorong budaya untuk berpikiran terbuka, disiplin dalam praktik pengambilan keputusan investasi dijaga ketat melalui proses-proses yang ditetapkan dengan baik.

Terdapat enam aspek utama dari proses pengambilan keputusan investasi yang sangat mencerminkan dasar filosofi investasi kami.

Idea
Generation

Business
Model

Financial
Analysis

Company
Meeting

Valuation

Portfolio
Construction

LINGKUNGAN KOMPETENSI

Dalam berinvestasi, kami membutuhkan pengetahuan yang memadai tentang teori finansial dan psikologi manusia, analisis keuangan yang rasional, serta pemahaman yang mendalam mengenai peristiwa yang terjadi saat ini.

Menurut pandangan kami, untuk mencapai keberhasilan investasi jangka panjang, kami harus sangat berdisiplin dan selalu jujur kepada diri sendiri. Karenanya kami hanya bekerja dalam lingkaran kompetensi kami. Kami tidak menganggap diri kami telah mengetahui semua hal dan kami juga tidak membiarkan pasar untuk mendikte pekerjaan kami. Sebaliknya, kami fokus dalam memanfaatkan ketidakefisienan pasar dengan menggunakan kompetensi utama kami.

Circle of Competence

Define the parameters

be an expert in what we know

Know our boundaries

avoid what we think we know (don't be pretentious)